Pages

Labels

Saturday 1 April 2017

Lead dari Film Pendek Animasi "Alma"

Sudah pernahkah anda menonton animasi pendek berjudul Alma? Film pendek ini berhasil meraih beberapa penghargaan loh. Kalian bisa lihat sendiri deh sebelum filmnya dimulai. Saya akan mencoba membuat lead sebuah tulisan dari animasi tersebut. Sebelum saya mulai, lihat dulu deh filmnya.


Gimana?
Singkat! Jelas! Dan Padat! Bukan?
Langsung saja saya akan membuat sebuah lead tulisan dari film alma berikut ini.
Dari berbagai macam lead, saya akan menggunakan empat jenis lead yakni Summary Lead, Descriptive Lead, Question Lead, dan juga Freak Lead. Dapat dibaca sebagai berikut ini.



Summary Lead (Lead Ringkasan)

MISTERI HILANGNYA ALMA

Alma telah tiada. Ia hilang entah kemana. Satu-satunya yang tersisa hanyalah seberkas namanya yang tertulis di dinding yang berada tepat di depan toko boneka yang berada di jalan Bloomfield. Di bawah guyuran salju, bekas-bekas jejak kakinya pun telah tersamar dan bahkan tidak dapat ditemukan sama sekali.


Descriptive Lead (Lead Deskriptif)

ALMA
(SEBUAH CERPEN ADOPSI FILM PENDEK BERJUDUL ALMA)

Salju sedang menyelimuti kota pagi itu, matahari sendiri susah menembus dan walhasil tak sukses memancarkan sinarnya. Alma. Anak kecil yang sedang libur dari aktivitas sekolah dasarnya itu berlari-lari sendiri menyusuri jalan kota yang penuh dengan salju-salju. Ia melompat-lompati salju yang menumpuk sampai akhirnya ia menuju ke sebuah dinding di depan toko boneka dan menuliskan namanya di antara banyak nama-nama yang sebelumnya telah memenuhi dinding itu. Ia telah selesai menuliskan namanya, sampai sesuatu setelahnya dari dalam toko boneka membuatnya tertarik untuk mendekat.


Question Lead (Lead Pertanyaan)

IBU ALMA YANG MENCARI

Adakah yang melihat Alma? Bahkan tidak seorang pun berhasil melihat sosoknya selepas ia meminta izin keluar rumah pada sang ibu. Pertanyaan itu sekarang telah menjadi pertanyaan retorik. Tidak ada jawaban yang berarti dari siapa pun saat ini.


Freak Lead (Lead Nyentrik)

ALMA YANG TIDAK MENINGGALKAN JEJAK

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama

Pepatah telah menyebutkan bahwa jika manusia mati, ia akan meninggalkan nama. Namun benarkah Alma telah mati? Karena sekarang yang tersisa darinya saat ini hanyalah nama tanpa ada yang tahu jejak keberadaannya.



Terima kasih.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pemberitahuan: Ini adalah posting tugas mata kuliah Penulisan Populer 2 yang diampu oleh bapak Dahri Dahlan.
Terima kasih sudah hendak berkunjung dan membaca.
Salam DuKem.
HOA

1 comments: