Pages

Labels

Monday 1 February 2016

Cara Heboh Bikin Blog


Hey Guys, Apa kabar?
Sudah lama saya ngak posting nih, lumayan lah sedikit menghilang dari blog, dan belum sempet posting soalnya saya baru dapat musibah ni. Jadi laptop yang biasa saya pakai untuk nulis dan berkarya tiba-tiba di panggil oleh ilahi dan tidak bisa nyala lagi, bahkan postingan ini saya terpaksa harus nulis dengan laptop milik bapak tercinta :)). Ya doain aja lah ya, semoga saya cepat mendapatkan laptop pengganti yang baru dan lebih baik, ya...... ngak usah bagus-bagus, minimal Macbook lah, haha..

So, ya udah lah ya, ketimbang galau, mending kita back ke yang saya pengen bahas kali ini.
CARA HEBOH BIKIN BLOG.

Mungkin apa yang saya post kali ini basi buat beberapa orang, apalagi yang udah kenal apa itu blog, cuma saya kebetulan di requestin beberapa temen yang minta di ajarin bikin blog, ketimbang saya ngajarin satu-satu, dan sekalian nambah viewer (Tetep yeee, trafic blog itu menjadi sesuatu yang membanggakan diri sendiri, dan menghibur. Maklum saya kurang hiburan :")) saya bikin aja di blog sendiri, tutorial cara bikin blog.

Sebenernya yang saya bahas biasa aja sih, kalau judulnya kaya gitu..... Hanyalah gimmick semata, biar keren :). Ketimbang nulis judul biasa, sekali di lebay-lebayin gak masalah ya kan....

Yuk disimak gimana sih cara bikin blog.

Sebelumnya kalian musti tau dulu, fungsi blog itu sebenarnya semacam catatan pribadi kita sendiri, yang secara iklas bolehin para pembaca diluar sana untuk membaca. Blog itu tempat kita menulis keluh kesah, trik-trik yang kita punya, karya kita, dan lain sebagainya. Kalian juga boleh curhat di blog, tapi intinya yang musti kembali diingat adalah, blog ini bersifat umum (meski bisa sih di privasi) dan bebas orang lain membacanya. So, bijaklah dalam menggunakan blog.

Nah, kebetulan saya makai blogger untuk blog saya, kalau yang lain sih ada, cuma saya kebetulan suka menggunakan blogger medianya, karena...... ya gitulah, intinya saya bisanya cuma ngeblog di blogger, karena dari SMP saya belajar ngeblog pakai blogger, bukan yang lain.

Tapi ya udah ya kan, ketimbang kita ngebahas yang ngak penting, mending langsung aja masuk ke cara-cara membuat blog.

1. Berdoalah
Jangan lupa, segala sesuatu itu, musti diawali dengan doa, entar kalau kalian ngak doa, apa yang kalian kerjain ngak bakal berkah, ingat itu. :D

2. Pastikan Internet Tersambung
Yang namanya blog itu, biasanya kalau mau ngepost musti pakai internet, jadi pastikan kalian punya internet sebelum membuat blog, dan pastikan juga kalian mempunyai PC, atau Laptop, karena tanpa alat itu, membuat blog sangat susah terjadi, atau bahkan tidak mungkin terjadi.

Ini akibat kalau anda tidak terkonekan oleh internet

3. Buka Browser dan Search di Google
Nah, step berikutnya setelah anda terkonek oleh internet adalah, buka browser anda lalu carilah di pencarian google dengan tulisan Blogger. Nanti bakal keliatan seperti ini.

Kalau udah, klik yang blogger

4. Masuk ke Gmail Untuk Blogger
Ohhhhhhh iya, inilah kelebihan dari blogger, karena blog ini sebuah produk google, jadi untuk masuknya-pun sebenarnya sudah gampang, bila kamu telah memasukkan email-gmail kamu di pencarian google. Karena satu akun gmail saja sudah bisa digunakana untuk berbagai macam hal, termasuk menggunakan dan menikmati blogger.

Jadi sebelum membuat blogger, buatlah dahulu gmail - Caranya seperti apa?- Cara membuat gmail di internet banyak guys, cari aja.. -_-

Nah jika anda telah memiliki gmail, masukkan alamat email anda, seperti ini.

Isi kotak hijau itu dengan alamat rumah anda ya, :D ehehe, ngak-ngak, maksudnya alamat email anda...

Setelah itu, cobalah klik berikutnya, anda akan digiring bagai sebuah bola (namanya juga heboh) menuju ke step berikutnya yakni.......

Memasukan password anda, karena tanpa password anda tidak akan pernah bisa masuk ke akun gmail anda -_-

Kemudian... :), klik -> MASUK

5. Konfirmasi Profil Anda
Kalau anda memang baru membuat gmail, biasanya anda akan dibuatkan dua pilihan disini, coba lihat.

Nah, Kalian pilih yang buat profil google+ aja, soalnya sekalian memenuhi profil di google+ -Apa itu Google+ ?- Kamu bisa cari di google apa itu Google+, yang jelas, Google+ itu bukan makanan apalagi film bioskop.

Kemudian, kalian akan di berikan beberapa step disini, isi aja sesuai data diri anda pribadi. Karena profil ini juga yang nantinya bakal di baca sama pembaca blog anda.

Isi, kemudian berheboh-hebohlah biar seperti judul, kaya joget-joget di kamar, atau makan beras mentah 1 ton biar greget, kemudian klik Tingkatkan

Kemudian klik Lanjutkan saja



 Lalu sekali lagi klik Selesai
Jika sudah tahap yang di atas, nanti kamu bakal di suguhkan beberapa bakso, nasi goreng, kerupuk, serta puding coklat manis (Jadi laper), ngak-ngak kok, maksud saya disuguhkan tampilan seperti ini.

Terakhir dalam tahap ini, kembali anda harus mengklik Lanjutkan Ke Blogger apabila anda telah yakin dengan pilihan anda dan anda telah siap menerima segala kerasnya kehidupan ini. :D ngak-ngak, becanda, blogger is fun guys. :)

6. Buat Blog
Step berikutnya ini tahap yang paling serius, kalian ngak boleh sampe merem, karena kalau anda merem berarti anda mengantuk, lebih baik tidur, dan lanjutkan pekerjaan ini besok saja, kalau sudah ngak ngantuk. Ingat, jangan paksa diri anda, sayangi tubuhmu, seperti tubuh mu menyayangi mantan pacar mu. :))

Kalau udah ngak ngatuk, yuk lanjut. Di step berikutnya ini, anda akan diberikan sebuah tampilan seperti ini.


Kliklah Blog Baru

Setelah anda mengklik Blog Baru, anda akan diberikan sebuah pertanyaan berat, yakni.
- Judul : Yang musti anda isi dengan judul blog yang anda mau, ingat ini adalah nama blog anda, sebuah brand yang anda miliki, jadi berilah nama blog yang KAMU BANGET, atau yang unik menurut kamu.
- Alamat : Alamat disini, bukan alamat tempat tinggal ya.. Ini alamt blog anda, yang nantinya jadi alamat kalau pengunjung anda pengen langsung masuk ke blog anda. Isi aja seperti nama judul blog anda, biar enak diinget para pembaca.
- Template : Kemudian pilih template yang anda mau gunakan di blog anda, template ini kelak bisa anda ganti-ganti, caranya seperti apa, ya bisa search aja di google dengan tulisan seperti ini "Cara mengganti template blogger", Dijamin, anda pasti akan dicerahkan disana nanti. Percayalah.


Setelah itu, klik Buat Blog!
Selamat, anda sudah memiliki blog anda sendiri.... TAPI INGAT, JANGAN BERFOYA-FOYA DULU, TANTANGAN BESAR BARU SAJA DIMULAI -Sembari menatap nanar kerumunan orang yang sedang merayakan keberhasilan-
7. Coba-Coba Bikin Entri
Berikutnya setelah blog anda jadi, cobalah untuk menulis sesuatu apapun itu. Caranya gampang, setelah anda menyelesaikan buat blog tadi, anda akan diberikan sebuah halaman seperti ini.


Untuk fungsi yang ada di kotak merah, anda bisa cek-cek sendiri. Berani melihat-lihat dan coba-coba aja, kalau rusak gampang, toh bisa bikin yang baru lagi. Jadi bebas explore aja sendiri. ;)

Tapi yang paling penting adalah membuat entri. Untuk membuat entri itu, ada dua tombol yang bisa anda gunakan, tuh bisa di lihat di SS atas, yang udah saya buletin pake lingkaran pink. Klik salah satu. Nanti anda akan digiring ke halaman berikut ini.


Uyeaaaa.... Ini adalah halaman untuk anda para pekarya blog. Jadi ini adalah ruang laboratorium anda untuk menulis apa yang pengen anda sajikan ke para pengunjung blog anda.
Jadi sebelum membuat postingan, anda harus memasukan ini.
- Judul : Yang berada di samping tulisan Entri
- Isi : Yang ini, ada di kotak besar itu, ruang kerja anda, tempat anda menuliskan apa yang pengen anda tulis. Kalau di bagian atasnya itu, sebenarnya hanya sebuah pilihan sederhana aja. Semacam pengaturan yang ada di MS.Word.

Setelah selesai menulis dan anda telah siap, saatnya untuk mempublikasikan.
Sebelum mempublikasi, baiknya anda bisa melihat bagaimana sih postingan anda itu kalau di publikasikan bentuknya, anda bisa cek dulu di pilihan pratinjau. Jika sudah yakin bisa langsung klik Publikasikan.

 
Taraaaaa.... Entri anda berhasil di post, anda bisa melihat post-an itu dengan cara memasukkan alamat blog anda pada kolom URL di atas, dan anda akan bisa melihat hasil tulisan anda tadi, seperti ini.


7. Ucapkan Syukur
TERAKHIR....Karena keinginan kita telah tercapai, marilah kita mengucapkan syukur kepada Yang Maha Kuasa.

So... Kalau masih ada pertanyaan, anda bisa comment langsung di kolom comment di bawah, saya usahakan akan bantu sebisa saya.

Dan ingat sekali lagi, blog adalah media pribadi kita untuk berkarya dan membantu orang lain. Blog adalah salah satu media sosial yang penuh dengan kebaikan di dalamnya, atau keburukan, sesuai dengan isi dari yang kita tulis tadi.
So..... Gunakan blog dengan bijak ya... DAN JANGAN TAKUT BERKARYA

Salam Dunia Kelambu
Pandu Pratama Putra
IG : @pandupandaa
Twitter : @pandupandaa

0 comments:

Post a Comment