Pages

Labels

Sunday 7 September 2014

Masa Baru : Tes PTN


Udah lama kaga posting sob . Abis lagi ngejalanin masa – masa kegelisahan berat sih nih . Enggak bisa di bilang galau , karena ini lebih galau dari yang orang – orang alami . Bukan di putusin pacar , tapi masalah masa depan .

            Berpikir untuk tidak melanjutkan sekolah , mungkin udah di ujung tanduk . Tadinya udah hampir habis feel buat ngerasain bangku kuliah . Semua akibat kemauan yang enggak kecapai .
            SMK Tata Boga , dan pengen ngelanjutin kuliah tata boga lagi . Tapi ternyata kuliah tata boga , sama mahalnya dengan kuliah jurusan kedokteran . Entah berapa , yang jelas mahal aja …… *Malas nyebutin nominal* . Dan itu penyebab kenapa saya enggak pengen ngelajutin kuliah .
            Orang tua enggak punya dana , dan saya tadinya cuman pengen masuk kuliah di jurusan tata boga .

            Orang – orang pada berkeliaran ngurus ini – ngurus itu untuk kebutuhan masuk PTN , tapi saya malah enggak sama sekali tertarik . Bahkan , saya sempet berpikir buat enggak menghiraukan masalah ijasah , atau apapun yang berhubungan dengan hasil di sekolah . Bisa di katakan , saya hampir putus asa .
            SNMPTN , SBMPTN , akhirnya berlalu . Entah kenapa perasaan makin ruyam , sebagai anak pertama , saya sering merasa keinginan orang tua untuk ngeliat anaknya masuk sekolah tinggi , besar banget . Walaupun di hati mereka , mereka mungkin sedih , karena enggak bisa menyekolahkan anak mereka di sekolah yang saya pengenin .

            Malam itu , temen ngajak buat masuk di salah satu universitas negeri terkenal di kota Samarinda . Saya pikir tes masuk PTN udah berakhir , tapi ternyata masi ada satu jalur lagi , yaitu SMMPTN . Kata doi , tes itu di laksanakan sekitar dua minggu lagi .
            Dengan memberanikan diri , akhirnya saya putuskan buat bilang ke orang tua kalo pengen ngelanjutik sekolah di PTN itu .
            Setelah bilang ke mereka , ternyata ada titik senyum bahagia terpancar . Walaupun …… sebenernya saya enggak cukup tertarik buat masuk PTN itu . Tapi karena orang tua terlihat bangga , sayapun melanjutkan niat saya . Dengan Bismillah saya daftar di PTN itu melalui online .
            Karena senang , orang tua saya terus membiayai semua kebutuhannya , mulai dari biaya pendaftaran sampai membelikan pulsa internet buat daftar online PTNnya .

            Setelah daftar , waktu tes-pun tiba .
            Karena lulusan SMK , dan kalo mau ngelajut kuliah , berarti harus mampu menyesuaikan dengan mereka lulusan SMA . Sayapun di wajibkan buat ngadepin soal – soal yang tidak di pelajari di SMK .
            Tapi ya begitulah saya , tak ada persiapan khusus . Semalam sebelum tes , saya malah asik nonton video stand up di Youtube . Setelah itu  , saya malah pergi tidur .
            Bukan tanpa alasan saya enggak belajar , tapi karena saya memang enggak mungkin bisa paham dengan pelajaran anak SMA IPS dalam waktu satu malam . Jadi , ya udahlah , saya ikut arus saja  .

            Sastra Indonesia , itulah pilihan prody yang saya ambil di universitas negeri di Samarinda . Alasannya mudah , karena enggak bisa ngelanjut boga , lanjutkan hobbi yang lain saja , yaitu menulis . Dengan perhitungan sederhana semacam itu , sayapun memilih sastra Indonesia .
            Tes di mulai jam 1 siang . Hanya doa yang saya ucapkan mulai dari berangkat , hingga duduk di tempat saya mengerjakan soal . Doa yang sederhana , “Luluskan saya , jika ini jalan yang baik untuk saya , karena saya hanya ingin membuat orang tua saya bangga” . Sayapun mulai mengerjakan soal .

            Enggak ada niatan buat nyontek ke peserta ujian lainnya . Terlatih di ajarkan untuk tak mencontek dari SD , dengan PD saya menjawab semua soal yang ada , walaupun , hanya 20 % yang saya tau .

            Masih ada waktu 30 menit , tapi saya udah bisa lega , karena telah menyelesaikan 80 poin soal yang di sediakan .
            Tapi ada hal unik waktu pengerjaan soal .
            Ternyata , peserta di samping kanan saya , mencontek jawaban saya . Bukan tanpa sebab saya menuduh seperti itu , tapi saya membuktikan sendiri . :D
            Poin 51 sampai 55 saya jawab B dan poin 56 saya jawab C . Dan jawaban doi sama kaya jawaban saya , entah apakah itu kebetulan atau mencontek . Tapi saya enggak terlalu risau , bagi saya dia mencontek tanpa ketahuan saja , itu sudah menjadi poin usaha yang tak ternilai sulitnya  . Kalaupun saya di salin jawabannya , saya enggak merasa rugi , malah merasa senang , ternyata kecerdasan saya yang hanya 20% di soal itu , bisa membantu orang lain . :D

            Ujian selesai , dan waktunya untuk menunggu hasil !!!!!!!!!!!

0 comments:

Post a Comment